Dari Pelembut Pakaian sampai Kalung Super Mahal: Bagaimana Idol Kpop Mempengaruhi Penggemar


Illustrator: Herra Frimawati


Jennie Blackpink lagi-lagi membuat heboh netizen. Kalung super mahal seharga Rp1,1 miliar yang digunakannya dalam MV ‘How You Like That’ habis terjual.

Comeback BLACKPINK yang berjudul ‘How You Like That’ memang menjadi pencapaian besar. Dalam waktu 24 jam perilisan, MVnya telah ditonton sampai 82,3 juta views di youtube.

Blackpink tampil penuh gemerlap. Aksesori yang digunakan tiap member bertabur kemewahan. Kalung yang dipakai oleh Jennie menarik perhatian karena harganya sangat fantastis. Kalung “Full Pave Jumbo Link Necklace” dibanderol dengan harga US$77.700 atau sekitar Rp1,1 miliar.

Tidak lama setelah keluarnya MV Blackpink pada 26 Juni lalu, kalung mahal tersebut langsung diburu penggemar sampai habis terjual. Padahal, Jennie tidak mengiklankan kalung tersebut. Bukti terbaru betapa dahsyatnya gelombang Kpop yang melanda dunia.

Penggemar Kpop di seluruh dunia memang sangat masif. Industri musik Korea Selatan beberapa tahun belakangan ini memang merambah pesat di berbagai negara. Masuknya dunia Kpop membuat banyak orang khususnya remaja tergila-gila. Mereka selalu mendukung apapun yang dilakukan oleh idolanya. Menonton konsernya, ikut fansign, bahkan ada yang mengikuti apapun kegiatan sehari-hari idolanya.

Mereka yang berduit lebih tidak jarang juga memburu barang-barang yang dipakai idolanya. Banyak idol Kpop rela mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk membeli barang-barang yang yang berbau idolanya. Ini dimanfaatkan betul oleh perusahaan-perusahaan untuk mempromosikan produknya. Banyak idol kpop yang dijadikan brand ambassador suatu produk.  Seperti boyband BTS menjadi brand ambassador produk smartphone Samsung S20 Ultra. Seulgi Red Velvet menjadi brand ambassador Converse Korea Selatan. Sementara Shopee menggandeng Blackpink dan Gfriend.

Idol marketing adalah salah satu cara untuk meningkatkan produk makanan dan minuman mereka agar lebih laku. Saat salah satu anggota boyband legendaris Big Bang G-Dragon menerima tawaran untuk membintangi iklan minuman terkenal dari China Nongfu Springs, produk itu langsung ludes terjual kurang dari 40 menit.

Bukan endorment

Celebrity endorsement merupakan suatu upaya perusahan  yang menggunakan selebriti untuk mengiklankan produknya. Selebriti berperan sebagai endorser yang dapat menarik perhatian pembeli dan memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen. Apalagi jika selebriti yang mempromosikan brand tersebut adalah idol Kpop. Para penggemarnya tentu tidak akan tinggal diam untuk memilikinya.

Dalam banyak kasus, idol Kpop bahkan sejatinya tidak bermaksud mengkampanyekan produk tertentu.  Seorang penggemar tentu akan senang ketika berhasil membeli sesuatu yang sama dengan yang digunakan oleh idolanya. Mereka berusaha mengetahui barang pribadi idol mereka yang sering dipakai dalam kesehariannya. Dalam siaran live maupun reality show terkadang tanpa sengaja idol memperlihatkan barang yang dipakainya, seperti peralatan make up, makanan, serta peralatan sehari-hari lainnya.

Seperti kalung mahal yang digunakan oleh jennie Blackpink, kalung seharga 1,1 miliar tersebut habis diburu oleh penggemar.

Tidak hanya Jennie Blackpink saja, banyak idol Kpop yang tidak sengaja membuat suatu produk laris manis. Sebuah toko roti sangat berterimakasih kepada Baekhyun EXO karena berkatnya kue-kue yang ada di tokonya telah habis terjual.




Ini bermula dari postingan Baekhyun di akun instagram miliknya. Ia mengirim foto kue muffin disertai caption berkata sarapan pagi serta tagar toko kue tempat ia membeli kue tersebut. Karena postingannya tersebut para penggemar langsung mencari tahu di mana keberadaan toko roti.

Reality show yang menampilkan idol Kpop seringkali jadi kesempatan penggemar mengetahui keseharian idol.  Dalam sebuah episode reality show Exo, Xiumin pernah terlihat memakan roti mocha. Para penggemar yang penasaran dan langsung membeli roti tersebut dan akhirnya sold out di pasaran.

Produk pewangi dan pelembut pakaian juga Downy pernah kahabisan stoknya untuk dua bulan hanya dalam waktu dua hari gara-gara karena salah satu member BTS. Dalam sebuah fan cafe BTS ada seorang penggemar bertanya pada Jongkook merek pelembut pakaian yang digunakannya. Maknae BTS inipun mengatakan bahwa ia gemar menggunakan Downy Adorable Sensation.



Kepopuleran idol secara tidak langsung membuat suatu produk menjadi incaran penggemar dunia khususnya di Indonesia. Seperti yang diketahui masyarakat di Indonesia didominasi oleh usia produktif. Jadi Indonesia merupakan ladang yang bagus bagi penggemar Kpop. Media sosial sangat berperan penting dalam penyebaran informasi seputar idola. Penggemar Kpop fanatik tentu ingin mempunyai produk yang sama dengan idolanya.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال